Friday, June 3, 2016

Pengertian Makanan Sehat Menurut Ahli Bidang Kesehatan

Pengertian Makanan Sehat Menurut Ahli Bidang Kesehatan
Pengertian makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.
Dilihat dari kandungannya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Makanan sehat yang memenuhi kriteria semacam ini lebih dikenal dengan sebutan empat sehat lima sempurna.
Jika makanan yang kita konsumsi tidak memiliki kandungan tersebut di atas secara lengkap, itu artinya tubuh kita masih kekurangan zat dan dan makanan tersebut belum bisa dikatakan makanan sehat.
Di bawah ini contoh makanan sehat yang sudah memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna.

Pengertian Makanan Sehat Menurut Ahli Bidang Kesehatan




Karbohidrat banyak terkandung pada nasi, gandum, singkong dan lainnya.
Protein banyak terkandung pada daging, ikan, telor, tahu, tempe dan lainnya.
Mineral banyak terkandung pada sayur-sayuran
Vitamin banyak terkandung pada buah-buahan.
Susu
Sebagian ahli gizi mengelompokkan makanan sehat menjadi empat.

Makanan pokok
Lauk pauk
Sayur
Buah

Makanan Pokok
Makanan yang mengandung zat tepung atau karbohidrat yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan energi.
Makanan sehat yang masuk kategori makanan pokok ini contohnya adalah roti gandum, singkong, nasi, jagung, serta sagu.

Lauk Pauk
Makanan yang mengandung protein yang berguna untuk membangun jaringan tubuh yang baru dan mengganti yang rusak dan untuk menjaga keseimbangan asam basa.
Juga makanan yang mengandung lemak. yang berguna untuk membangun bagian-bagian sel tertentu, melarutkan berbagai vitamin serta untuk pelindung tubuh dari suhu rendah.
Makanan sehat yang masuk kategori lauk pauk ini contohnya adalah daging, ikan, telor, tahu, tempe, kepiting, kacang-kacangan, jagung manis, kelapa dan metega.

Sayur dan Buah
Makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
Makanan sehat yang masuk kategori sayur ini contohnya adalah bayam, sawi, buncis, kangkung, seledri, brokoli, kol, jamur, wortel, timun, daun papaya, daun bawang, terong, kacang panjang, lembayung dan sebagainya. Sedang untuk kategori buah contohnya adalah Pisang, Nanas, Mangga, Melon, Jeruk, Anggur, Apel, Alpukat, Jambu biji, Stroberi, Bluberry dan sebagainya.

Tujuan utama dari makan makanan sehat tidak lain adalah agar tubuh tetap sehat, berkembang dengan baik serta terhindar dari segala penyakit. Karenanya, kita harus selalu mengkonsumsinya setiap hari. Kemudian lengkapi makanan sehat kita dengan susu. Maka sempurnalah makanan sehat kita dengan sebutan Empat Sehat Lima Sempurna.
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Hiv disease for the last 3 years and had pain hard to eat and cough are nightmares,especially the first year At this stage, the immune system is severely weakened, and the risk of contracting opportunistic infections is much greater. However, not everyone with HIV will go on to develop AIDS. The earlier you receive treatment, the better your outcome will be.I started taking ARV to avoid early death but I had faith in God that i would be healed someday.As a Hiv patent we are advise to be taking antiretroviral treatments to reduce our chance of transmitting the virus to others , few weeks ago i came on search on the internet if i could get any information on Hiv treatment with herbal medicine, on my search i saw a testimony of someone who has been healed from Hiv her name was Achima Abelard and other Herpes Virus patent Tasha Moore also giving testimony about this same man,Called Dr Itua Herbal Center.I was moved by the testimony and i contacted him by his Email.drituaherbalcenter@gmail.com We chatted and he send me a bottle of herbal medicine I drank it as he instructed me to.After drinking it he ask me to go for a test that how i ended my suffering life of Hiv patent,I'm cured and free of Arv Pills.I'm forever grateful to him Drituaherbalcenter.Here his contact Number +2348149277967...He assure me he can cure the following disease..Hiv,Cancer,Herpes Virus,Epilepsy, fibromyalgia ,ALS,Hepatitis,Copd,Parkinson disease.Diabetes,Fibroid...

    ReplyDelete